Long Distance Education (PJJ), for life better

Apa sih bedanya LDE dengan LDR,, ungkapan dalam bahasa inggris yang beda-beda tipis namun beda banget maknanya. Kalau LDR (Long Distance Relationship) itu sendiri sebuah hubungan jarak jauh antara seorang dengan orang lainnya (tapi, hanya antara 2 orang yang berlainan jenis yang saling memadu kasih, namun dipisahkan oleh jarak dan waktu), begitu lah maknanya. Tetapi, LDR itu adalah istilah anak muda gaul sekarang. Tidak asing lagi ditelinga istilah ini, maaf ya yang tersungging kalau dengar istilah ini, walapun LDR harus dong tetap semangat terus kan sukses ada di depan anda. Tidak usah terlalu dipikirlah tentang apa itu LDR itu, hanya saya buat sebagai pembanding saja. Yang akan saya ungkapkan adalah tentang sebuah metode pembelajaran yang menggunakan metode LDE (Long Distance Education) dalam istilah keren bahasa indonesia adalah pendidikan jarak jauh (PJJ). Dimana pembelajaran yang diajarkan bisa melalui jarak dan tempat yang berbeda tanpa harus tatap muka bersama. Terkadang suka tertawa mendengar kedua istilah asing ini.

Dimana semakin meningkatnya untuk suatu mutu pendidikan yang harus ditempuh oleh seseorang. Khususnya bagi seorang yang membutuhkan gelar akademik  dan profesionalitas kerja yang menjadi tuntutan tempat kerja atau instansi . Maka, sistem pendidikan jarak jauh merupakan salah satu alternatif bagi seorang yang akan menempuh jalur pendidikan akademik tanpa harus meninggalkan tugas utama mereka sebagi seorang karyawan atau pegawai yang memang telah memiliki pekerjaan tetap.  Dengan pendidikan jarak jauh yang ditempuh merupakan salah satu alternatif yang sangat efisien bagi mereka yang memang tinggal jauh di pelosok negeri, sehingga memudahkan bagi para mahasiswa yang menmpuh pendidikan jarak jauh. Di Indonesia, khususnya yang berada dipelosok negeri sangat sulit sekali apabila tidak ada sistem pembelajaran PJJ ini, kurangnya dosen mahalnya biaya pendidikan apabila yang kuliah di universitas biasa, serta keterbatasan waktu yang dimiliki oleh seseorang yang akan menempuh kuliah biasa dikarenakan pasti akan mengurangi jadwal mereka bekerja, padahal bekerja adalah prioritas utama. Serta tenaga dosen yang ada juga belum tentu sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing ketika yang mengajar di daerah-daerah. Namun, kebutuhan akan pembelajaran yang berkualitas adalah salah satu yang paling diimpikan oleh setiap orang. Intinya Pendidikan Jarak Jauh sangat membantu bagi seorang mahasiswa yang sangat membutuhkan pendidikan yang berkualitas tanpa harus meninggalkan sebuah kewajiban atau pekerjaan mereka sehari-hari

Dahulu ketika saya duduk di bangku sekolah dasar, sudah sedikit mendengar tentang UPJJ (Unit Pembelajaran Jarak Jauh) dan karena kebetulan ayah saya melanjutkan study di Universitas Terbuka. Saya juga pernah ingin tau tentang PJJ, ketika itu ayah saya yang kuliah melalui PJJ, maklum ayah saya seorang guru sekolah dasar yang memang lulusan dari sekolah pendidikan guru (SPG) zaman 80-an. Dahulu tidak banyak lulusan yang mengajar sekolah yang memang benar-benar lulusan dari sarjana strata 1 karena betapa sulitnya kuliah dan ingin langsung bisa mengajar. Seiring berkembangnya waktu seorang guru harus dituntut untuk memiliki latar belakang yang sekarang minimal sarjana. Sehingga ayah saya mengikuti program dari pemerintah yang dapat membantu seorang guru agar dapat setara dan meningkatkan profesionalitas kinerja mutu pendidik. Sebagai media perkuliahan, maka ayah saya menggunakan metode pendidikan jarak jauh (PJJ) yang memang sudah ada koordinator untuk setiap unit kerja nya. Sampai akhirnya, ayah saya bisa berhasil lulus sarjana pendidikan dan bisa memperoleh sertifikasi. Walaupun saya terkadang kasihan melihat seorang guru yang mereka sangat sibuk dengan pekerjaaan nya mengajar dan tugas pokok lainnya. Namun, dengan adanya pendidikan jarak jauh dapat sangat membantu seseorang yang berniat untuk melanjutkan studi tanpa harus dikejar oleh sebuah sistem birokrasi yang terikat dan sistem pembelajaran yang harus ada dan tatap muka. Tetapi dengan  metode pembelajaran jarak jauh sangat membantu sekali dalam meningkatkan mutu dan standarisasi yang layak dan profesionalitas tanpa harus meninggalkan tugas pokok sebagai guru di daerah. Dengan, PJJ juga ayah saya bisa mengenyam perkuliahan sampai sarjana, bisa meningkatkan mutu profesionalitas kerjanya sebagai seorang guru.

Dalam pembelajarannya, pembelajaran jarak jauh tidak ketinggalan dengan pembelajaran biasa atau di instansi pembelajarn yang biasa. Dengan PJJ berbagai media dapat digunakan untuk kelancaran pembelajaran perkuliahan. Pendidik atau dosen juga tidak akan ketinggalan informasi mengenai peserta didiknya begitupun sebaliknya. Karena adanya sebuah media yang dapat menghubungkan keduanya. Peranan media sangat berarti penting sekali dalam PJJ ini. Berbagai macam media yang bisa digunakan yaitu media elektronik, media internet atau media digital lain yang sekarang semakin banyak dan semakin  canggih penggunaannya.

Enam karakteristik untuk menilai keefektifan sebuah media (Thorn, 1995): kemudahan navigasi, kandungan kognisi, pengetahuan dan presentasi informasi, integrasi media, estetika, fungsi secara keseluruhan. Dari keenam karakteristik media yang baik untuk PJJ, semua media yang fungsinya untuk pembelajaran memang harus memiliki semua karakterisktik tersebut. Sehingga nantinya dengan media pembelajaran yang tepat dan sesuai kebutuhan akan memudahkan dalam proses pembelajaran jarak jauh. Modus pembelajaran PJJ juga tidak selalu monoton karena mengandung pembelajaran yang bervariasi yaitu dengan tutorial tatap muka dan tutorial jarak jauh (Modul Ajar PJJ, SEAMOLEC). Dimana dengan tutorial tatap muka atau secara langsung bertemu dengan pengajar akan membuat suasana yang bersifat kekeluargaan antara pengajar dan peserta didik, membuat suasana menjadi lebih terbuka dan harmonis. Karena adanya sebuah pertemuan tatap muka, semua hambatan dalam perkuliahan PJJ dapat diminimalisir dan dapat diatasi permasalahan yang ada secara langsung. Dan dengan Tutorial jarak jauh yang ini dilakukan secara tidak langsung dimana peserta didik tidak dapat bertatap muka dengan dosen. Tapi perkuliahan masih berjalan melalui sebuah media seperti e-learning, modul-modul pembelajaran, dan media telekomunikasi yang lain yang mendukung.

Sehingga dengan berbagai kemudahan pembelajaran dengan metode PJJ ini membuat seseorang yang bernasib sama seperti ayah saya dapat terbantu dalam mengenyam pendidikan sampai menjadi seorang sarjana. Manfaat lainnya pun dapat saya rasakan, ayah saya senanng dan beliau pun dapat merasakan bisa mendapatkan gelar sarjana nya dengan hasil perjuangannya sendiri dan diakui oleh lembaga sertifikasi nasional. Tanpa harus beliau meninggalkan pekerjaan pokoknya adalah mengajar anak didik disekolah dan tanpa harus meninggalkan keluarga di rumah. Terima kasih, lembaga pendidikan jarak jauh yang bisa membantu dan instansi terkait yang menyediakan media. Memang benar dengan PJJ membuat hidup menjadi baik.

Daftar Pustaka:

Tim SEMOLEC.(2012).Bahan Ajar Kompetensi Pendidikan Jarak Jauh. disampaikan pada perkuliahan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Pondok Cabe (30 Juli – 3 Agustus 2012). SEAMEO SEAMOLEC: Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s